8 Efek Mandi Malam untuk Kesehatan, Awas Bisa Berakibat Buruk!

Kamis, 14 Desember 2023 - 09:50 WIB
loading...
8 Efek Mandi Malam untuk...
Efek mandi malam untuk kesehatan tak boleh dianggap sepele. Foto Ilustrasi/iStock
A A A
JAKARTA - Efek mandi malam untuk kesehatan tak boleh dianggap sepele. Ya, meskipun mandi malam mampu memberikan sensasi rileks dan kesegaran, Anda juga perlu menyadari bahwa terlalu sering melakukan hal tersebut atau dengan suhu air yang tidak tepat bisa memiliki dampak negatif pada kesehatan.

Memang terdapat banyak manfaat mandi dua kali sehari. Salah satunya membersihkan tubuh usai beraktivitas seharian. Namun, terdapat situasi di mana kita harus mandi di malam hari lantaran banyaknya aktivitas yang dilakukan pada siang hari. Padahal, mandi malam hari mempunyai banyak akibat, bahkan membahayakan.

Lantas, apa saja sih efek mandi malam hari yang membahayakan buat kesehatan? Berikut ulasannya, yang dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (14/12/2023).


Efek Mandi Malam untuk Kesehatan

1. Gangguan Kualitas Tidur

Salah satu efek yang sering diabaikan dari mandi malam adalah gangguan kualitas tidur. Walaupun mandi dengan air hangat mampu membuat beberapa orang merasa rileks, hal tersebut tidak berlaku untuk semua orang. Suhu tubuh yang meningkat selama mandi bisa membuat sulit bagi beberapa orang untuk tidur, terutama jika mandi dilakukan tepat sebelum tidur, tanpa memberi cukup waktu bagi tubuh untuk mendinginkan diri.

2. Kulit Kering dan Iritasi

Terlalu sering atau terlalu lama mandi, terutama dengan air panas, bisa menyebabkan kulit kering hingga meningkatkan risiko iritasi. Air panas dapat menghilangkan minyak alami yang melindungi kulit, membuatnya rentan terhadap kekeringan serta masalah kulit lain. Pemilihan sabun yang mengandung bahan kimia keras juga dapat memperburuk kondisi ini.

3. Gangguan pada Sistem Saraf

Mandi malam dengan air panas mampu memberikan efek menenangkan pada sebagian orang, namun bagi yang lain, hal ini justru bisa meningkatkan tingkat stres dan kecemasan. Suhu tinggi dapat merangsang produksi hormon stres seperti kortisol, membuat beberapa orang merasa lebih tegang dan sulit untuk benar-benar bersantai.

4. Gangguan pada Sirkulasi Darah

Walaupun mandi dengan air panas dapat membuka pembuluh darah, suhu air yang terlalu panas bisa menyebabkan perubahan tiba-tiba dalam sirkulasi darah. Hal ini berpotensi mengakibatkan tekanan darah naik secara tiba-tiba, yang tidak aman terutama bagi mereka yang memiliki kondisi kesehatan tertentu.

5. Hilangkan Minyak Alami pada Kulit dan Rambut

Air panas dapat menghilangkan minyak alami yang melindungi kulit serta rambut. Hal ini akan membuat kulit dan rambut menjadi kering dan rapuh, sehingga meningkatkan risiko iritasi serta masalah kesehatan kulit lain.


6. Peningkatan Risiko Infeksi

Mandi pada malam hari di bak mandi atau bathtub yang tidak bersih mampu meningkatkan risiko infeksi, terutama jika kebersihan tidak dijaga dengan baik. Air hangat menghasilkan lingkungan yang ideal bagi pertumbuhan bakteri serta jamur, hal tersebut yang bisa menyebabkan infeksi pada kulit.

7. Potensi Dehidrasi

Mandi malam yang lama dengan air panas bisa menyebabkan dehidrasi sebab tubuh kehilangan cairan melalui keringat. Dehidrasi dapat memiliki efek negatif pada keseimbangan elektrolit serta kesehatan umum, terutama jika tidak diimbangi dengan asupan cairan yang memadai.

8. Pengaruh pada Fungsi Jantung

Bagi Anda yang memiliki masalah kesehatan jantung, mandi pada malam hari dengan air panas bisa meningkatkan beban kerja jantung. Suhu tubuh yang meningkat dapat membuat jantung bekerja lebih keras untuk menjaga suhu tubuh normal, yang mungkin tidak diinginkan oleh orang dengan risiko penyakit jantung.

Sementara mandi malam memberikan banyak manfaat, penting untuk diingat bahwa kelebihan atau suhu air yang ekstrem bisa membawa efek negatif pada kesehatan. Menjaga keseimbangan serta memperhatikan kebutuhan tubuh Anda merupakan kunci untuk meraih manfaat positif dari mandi malam tanpa mengorbankan kesehatan. Sebagai bagian dari rutinitas perawatan diri, penting untuk menyadari dan memahami potensi efek samping agar bisa menyesuaikan praktik mandi malam sesuai dengan kebutuhan Anda. MG/Sabrina Amyra Aziz
(tsa)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1311 seconds (0.1#10.140)